smansakar web

 

 

 

You are here: Home Profil Bangunan Laboratorium Lab Biologi

Laboratorium Biologi

Menurut Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA  ruang laboratorium biologi berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran biologi secara praktek yang memerlukan peralatan khusus. Ruang laboratorium biologi dapat menampung minimum satu rombongan belajar dengan rasio minimum ruang laboratorium biologi 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium biologi 5 m.

 

Ruang laboratorium biologi memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan. Ruang laboratorium biologi dilengkapi sarana sebagai berikut:

 

Dari standar sarana yang harus ada dalam laboratorium biologi maka  tata ruang laboratorium yang dapat dibuat sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

 

VISI

Menjadikan Laboratorium Biologi sebagai laboratorium pendidikan, penelitian,  kegiatan pembelajaran  sesuai dengan kurikulum Biologi dan mampu menyesuaikan dengan kemajuan IPTEK.

 

MISI

1.      Memberikan layanan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian dan kegiatan pembelajaran di laboratorium

2.      Meningkatkan prasarana dan sarana pembelajaran dan laboratorium biologi


FUNGSI

1.      Laboratorium  Biologi sebagai Sumber belajar atau sumber pendidikan. Karena merupakan tempat untuk memcahkan masalah dengan atau melakukan percobaan-percobaan (eksperimen) yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.

2.      Laboratorium Biologi  sebagai metode  pendidikan. Banyak metode untuk mencapai tujun  pembelajaran ilmu alam khususnya biologi ada dua metode terpenting dalam kegiatan laboratorium yakni metode pengamatan (observation method) dan metode percobaan (experimental method).

3.      Laboratorium Biologi sebagai Prasarana Pendidikan. Laboratorium berfungsi sebagai prasarana pendidikan atau sebagai wadah proses pembelajaran

 

 

A. PROGRAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( KBM ) DI LAB BIOLOGI

     a. KBM di laboratorium semester I           : Bulan Agustus s.d Desember

     b. KBM di laboratorium semester II          : Bulan Februari s.d Juni

     c. Laporan kegiatan akhir tahun pelajaran

 

B. PROGRAM PEMELIHARAAN - PENGADAAN                                    

    a. Bulan Juni

            1. Inventaris alat dan bahan

            2. Pembelian alat dan bahan habis pakai

            3. Penyusunan jadwal KBM di Lab Biologi untuk semester I ( satu )

   b. Bulan Oktober

            1. Pembenahan kembali alat – alat dan bahan

            2. Pengecekan bahan habis pakai

  c. Bulan Februari

            1. Pengecekan kembali bahan habis pakai

            2. Pengadaan bahan habis pakai

            3. Pembenahan kembali alat – alat dan bahan

            4. Penyusunan jadwal KBM di Lab Biologi semester II ( dua )

  d. Pengecekan ulang alat – alat dan bahan serta pembenahan ulang administrasi Laboratorium Biologi.