smansakar web

 

 

 

You are here: Home Profil Bangunan Laboratorium Lab Bahasa

Laboratorium Bahasa

Untuk meningkatkan mutu  yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman saat ini, maka dalam perencanaan program kerja kantor perlu peningkatan di segala bidang pada umumnya dan penigkatan penunjang pendidikan pada khususnya terutama pendidikan praktek di laboratorium

yang terencana secara terorganisir dan bertahap menuju peningkatan kwalitas maupun kwantitas di bidang fisik dan material baik itu merupakan sarana gedung, peralatan maupun bahan-bahan praktek serta di bidang akademis dan tenaga laboran ang kesemuanya itu merupakan komponen penunjang pendidikan praktek di laboratorium.

Adapun program laborat terdiri atas :

 
A. Program Rutin :

1. Praktek Siswa

Siswa diharapkan semuanya dapat mengikuti praktek di laboratorium, agar mengenal, memahami serta dapat menyimpulkan apa yang dilaksanakan dalam praktek tersebut.

  • Pengenalan bentuk atau wujud barang,fungsi kegunaan serta manfaatnya.
  • Praktik dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami apa yang dipraktekkannya.

 

2. Pemeliharaan

Seluruh komponen baik itu guru, laboran dan siswa supaya dapat memelihara keutuhan sarana dan prasarana yang ada agar situasi dan kondisi dalam proses belajar dan mengajar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

  • Siswa,guru dan laboran dapat menjaga seluruh peralatan yang menunjang praktek dengan sebaik-baiknya sehingga alat-alat dapat dipergunakan semaksimal mungkin.
  • Dapat menggunakan peralatan praktek secara hati-hati dan penuh tanggung jawab serta dapat menjaga keutuhan alat-alat tersebut.
  • Dapat mengatur dan menyimpan peralatan secara tertib serta mudah dicari apabila menggunakannya lagi.
  • Seluruh peralatan supaya dicatat dan diinventariskan kedalam buku inventaris laborat agar mudah dikontrol keadaannya.

 

3. Kondisi Ruangan

Terciptanya kondisi ruangan  yang nyaman, bersih serta bebas polusi demi menjaga kesehatan serta suasana yang menenangkan.

  • Untuk memenuhi serta menciptakan kondisi ruangan yang nyaman,bersih serta  bebas polusi diharapkan adanya kerjasama yang baik antara siswa,guru,dan laboran dalam penggunaan ruang baik itu untuk kegiatan lainnya.
  • Diperlukannya petugas khusus di bidang kebersihan.

 

4. Aktifitas

Penggunaan laboratorium supaya dimanfaatkan semaksimal mungkin dan ada penjadwalan yang sesuai dengan kebutuhaan praktek bidang studi masing-masing.

  • Diupayakan semaksimal mungkin aktifitas praktek dilaboratorim dilaksanakan secara rutin.
  • Pengaturan jam praktek di laboratorium supaya dijadwal agar tidak terjadi saling tabrakan diantara pembimbing praktik. 

 

B. Pengembangan

1. Pengembangan personalia

Meningkatkan mutu tenaga laboran

  • Memberikan pendidikan khusus/penataran tentang laboratorium bahasa

2. Pengembangan sarana/prasarana

Untuk memenuhi kriteria sebagai sekolah yang diunggulkan serta menjadi favorit diantara sekolah-sekolah ang lain,maka dipandang perlu peningkatan sarana maupun prasarana.

  • Pengadaan almari penyimpanan bahan-bahan/alat-alat.

 

B.           RINCIAN PROSEDUR

1.           Tahap Persiapan

·      Laboran mempersiapkan komputer dan peralatan audio visual yang akan digunakan untuk KBM di laboratorium (minimal 15 menit sebelum jam mengajar).

·      Laboran selanjutnya melakukan konfirmasi kepada Guru mapel tentang kesiapan ruang laboratorium dan peralatan laboratorium.                         

2.           Tahap Pelaksanaan

·      Guru mapel bersama siswa dibantu oleh laboran memastikan semua komputer dan peralatan audio visual yang digunakan dapat berfungsi dengan baik (maksimal selama 5 menit setelah jam pelajaran dimulai).

·      Setelah dapat dipastikan semua peralatan dapat berfungsi dengan baik, KBM dapat dimulai dan laboran dapat kembali ke tempat monitor.

·      Hambatan atau kerusakan teknis (oleh Guru maupun siswa) sesegera mungkin dilaporkan ke laboran.

·      Setelah KBM berakhir, Guru mapel mengisi Jurnal KBM (turut mencantumkan hambatan/kerusakan teknis yang muncul).

3.           Tahap Akhir

·      Laboran melakukan pemeriksaan terhadap keutuhan dan kelengkapan semua komputer dan peralatan audio visual yang telah dipakai sebelumnya.

·      Jika ditemukan ada komputer atau peralatan audio visual yang rusak atau tidak utuh (yang disebabkan kesalahan prosedur dari siswa), laboran segera melakukan konfirmasi kepada Guru mapel.

·      Laboran segera melaporkan kerusakan komputer atau peralatan audio visual (yang murni disebabkan faktor teknis) kepada Waka Sarpras.

·      Setiap kerusakan komputer atau peralatan audio visual dicatat (direkap) kedalam Daftar Pemeliharaan Barang.

 

C.           CATATAN / REKAMAN MUTU

No.

JUDUL

NOMOR DOKUMEN

PENANGGUNG JAWAB

1

Jadwal Penggunaan Laborat Bahasa

LAM.01/SMAN1 PKL/LAB BHS

Laboran

2

Program Laboratorium Bahasa

LAM.02/SMAN1 PKL/LAB BHS

 

Laboran

3

Daftar Inventaris Laborat bahasa.

LAM.03/SMAN1 PKL/LAB BHS

-

4

Jurnal KBM laboratorium

LAM.04/SMAN1 PKL/LAB BHS

Guru Mapel

5

Daftar Pemeliharaan Barang Lab. Bahasa

LAM.05/SMAN1 PKL/LAB BHS

Laboran

6

Laporan akhir realisasi program Laborat Bahasa

LAM.06/SMAN1 PKL/LAB BHS

Laboran

 

D.           DEFINISI & DAFTAR SINGKATAN

1.

Peralatan Audio Visual

:

Peralatan yang melibatkan fungsi audio (pendengaran) dan visual (penglihatan), misal: Proyektor, LCD, Headphone, CD-player, Recorder, dll.

 

E.           CATATAN PERUBAHAN

BELUM ADA